Kamis, 17 November 2011

I Served the King of England (2006) - Review

I Served the King of England
Released Date: 11 January 2007 (Czech Republic)
Cast: Ivan Barnev, Oldrich Kaiser, Julia Jentsch, Martin Huba
Genre: Comedy, Drama, Romance
Director: Jiri Menzel

Jangan tertipu oleh judul film ini adalah hal yang penting sebelum anda tonton, ini bukan kisah 'abdi dalem' Kerajaan Inggris. Siapa yang menyangka Republik Ceska mampu menghasilkan film sebagus ini? Sederhana, lucu, dengan plot yang tidak membingungkan dikemas dengan apik oleh Jiri Menzel, sang sutradara, hasil garapan novel berjudul sama karangan Bohumil Krabal.

Film ini berkisah tentang bagaimana penuh warnanya kehidupan seorang Jan Dite kala muda (Ivan Barnev). Dari seorang penjual sejenis hotdog di stasiun, menjadi pramusaji, menjadi asisten pelayan di hotel serta restoran, hingga menjadi orang kaya lalu menjadi bukan siapa-siapa. Semua dialaminya dengan otodidak dan berdasarkan  keingintahuannya akan pengalaman baru dalam kehidupan. Dari 'keluguan' Dite, kita juga dapat mempelajari bagaimana cara beradaptasi dan bertahan di dalam negara yang tiba-tiba berganti rezim.

Dalam sebuah kehidupan tentu tak lengkap rasanya jika tidak ada unsur percintaan di dalamnya. Untuk seorang yang lugu dalam kehidupan sehari-harinya, maka Dite tidak terlalu lugu untuk urusan ranjangnya bahkan tergolong freak. Bagaimana ia menjadi kaya pun tak terlepas dari keahliannya dalam menarik wanita, hal yang terbawa hingga ia tua (diperankan oleh Oldrich Kaiser).

"Ambition wil get you anywhere", petikan dari film ini memang tepat untuk menggambarkan kepribadian Dite. Jangan khawatir merasa bosan dengan kisah hidup Dite, karena dalam hidupnya juga terdapat hal-hal konyol yang dijamin membuat kita tertawa. Jadi, akan ke mana kita dengan ambisi yang kita miliki?

Donny
Twitter: @donskyy


0 komentar:

Posting Komentar