Rabu, 16 November 2011

Waltz with Bashir (2008) - Review

Waltz with Bashir
Released Date: 12 June 2008 (Israel)
Cast: Ari Folman, Ron Ben-Yishai, Ori Sivan, Ronny Dayag
Genre: Animation, Biography, Drama
Director: Ari Folman

Lupa. Tentu kita sering mengalaminya selama menjalani hidup. Namun bagaimana jika melupakan sebuah kejadian hebat yang pernah kita alami, karena memang terlalu pahit atau takut untuk mengingatnya? Hal inilah yang coba diutarakan Ari Folman dalam film ini. Entah Folman benar-benar lupa atau hanya sengaja lupa demi terciptanya plot film animasi semi-dokumenter ini. Entahlah, mungkin Folman sendiri yang bisa menjawabnya.

Kejadian hebat yang dimaksud dalam film ini adalah Pembantaian Shabra dan Satila, yang dilakukan pasukan Kristen Phalangist terhadap pengungsi Palestina sebagai aksi balas dendam atas terbunuhnya Perdana Menteri Bashir Demayel, kala berlangsung Perang Saudara di Libanon pada tahun 1982. Folman saat itu berusia 19 tahun dan bergabung dengan Tentara Pertahanan Israel, yang juga sedang berperang dengan kelompok Hizbullah Libanon, namun entah mengapa kejadian ini seakan tidak pernah masuk dalam memorinya. Folman perlahan-lahan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada malam itu sampai dirinya sama sekali tidak mengingatnya.

Saya tidak akan menceritakan isi film tersebut seutuhnya, namun ada dua poin yang hendak disampaikan oleh Folman dalam film ini. Pertama, sangat jelas bahwa kita boleh 'terpaksa' melupakan sesuatu peristiwa yang benar-benar sangat tidak kita inginkan untuk diingat. Yang kedua, sekecil peran apapun kita dalam suatu kejadian maka sebesar itu pula tanggung jawab kita terhadap kejadian tersebut. Jadi teringat sebuah grafiti di tembok jalan kosan menuju UI: "Diam melihat orang tertindas sama dengan penindas". Jadi apakah Folman betul-betul lupa atau hanya berpura-pura lupa demi terciptanya film ini? Anda yang menilainya.

Donny
Twitter: @donskyy

0 komentar:

Posting Komentar