Selasa, 22 November 2011

Kabluey (2007) - Review

Kabluey (2007)
Cast: Scott Prendergast, Lisa Kudrow, Christine Taylor
Genre: Drama, Comedy
Director: Scott Prendergast

From zero to hero mungkin penggambaran yang tepat untuk Inept Salman (Scott Prendergast). Tidak punya uang, dianggap tidak berguna oleh kakak iparnya, bahkan diancam dibunuh oleh keponakannya sendiri karena sikapnya. Namun cobaan yang terus menerus menimpanya membuat dia tersadar akan potensi dirinya sendiri sebagai pahlwan bagi keluarga kakak iparnya.

Di balik tema ceritanya yang terkesan 'sangat Holywood', film ini sebenarnya memaparkan bagaimana penatnya sebuah keluarga muda Amerika dalam menghadapi realita yang terjadi pada periode 2004-2008. Leslie (Lisa Kudrow) menghadapi kenyataan suaminya harus pergi bertugas untuk tentara di Irak tanpa kabar yang pasti. Dua anaknya sangat merepotkan karena keaktifan mereka, lalu ditambah munculnya Salman si adik ipar yang bagai parasit di rumahnya. Kondisi dalam negeri Amerika sendiri saat itu pun tengah menuju krisis ekonomi yang membuat bisnis lesu. Ketidakpastian suaminya pun nyaris membuat dia mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang secara instan: berselingkuh dengan bosnya. Intinya situasi saat itu adalah worst case scenario untuk Leslie.

Seperti umumnya tokoh-tokoh pahlawan Amerika lainnya, Salman pun mempunyai kostum sendiri. Tapi jangan bayangkan kostum tersebut berotot dan laksana Superman dan seketat Spiderman. Kostum yang dipakai adalah maskot sebuah perusahaan penyewaan ruang kantor di daerah pertanian!

Kepahlawanan Salman sendiri bukanlah dengan menumpas kejahatan seperti pahlawan-pahlawan berotot dan berbaju ketat yang diuraikan tadi tapi bagaimana cara dia menjadi berarti bagi keluarga Leslie. The man in blue doesn't always make us feeling blue.

Donny
Twitter: @donskyy




0 komentar:

Posting Komentar